• Loadingselalu.id
  • Loading

Sabtu, 18 Mei 2024 10:13 WIB

Kawasan Pantai Kenjeran Surabaya jadi Salah Satu Proyek Strategis Nasional

Foto: Kawasan Pantai Kenjeran

Foto: Kawasan Pantai Kenjeran

selalu.id - Pemerintah Indonesia bakal membuat 14 Protek Strategis Nasional (PSN). Salah satunya di Kawasan Pesisir Surabaya Waterfron Land (SWL) yang akan dirombak menjadi seperti Ancol Jakarta.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan Pemerintah Kota masih menunggu proyek tersebut dan akan melakukan berbagai hal. Salah satunya melakukan penataan wilayah Kenjeran

 "Kalau PSN ya kita banyak, salah satunya yang tercepat itu adalah sisi timur yang kita reklamasi," ujarnya, Kamis (18/4/2024). 

Dengan masuknya Kenjeran ke proyek PSN dirinya optimis kawasan pesisir Surabaya akan lebih maju. terlebih lagi yang saat ini belum dimanfaatkan maksimal. 

"Sehingga dengan model begini (PSN) Surabaya akan lebih maju lagi, Sbaya punya Kenjeran yang belum dimanfaatkan maksimal," ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat mengatakan PSN di pesisir Surabaya saat ini masih tahap sosialisasi dari pemerintah pusat.

Kata dia, PSN tersebut masuk dalam  Rancangan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian tentang Perubahan Kelima Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

"PSN yang terkait Kota Surabaya adalah pembangunan Fly Over dari dan menuju Terminal Teluk Lamong, Double Track Jawa Selatan, SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Umbulan, dan Kawasan Pesisir Terpadu Surabaya Waterfront Land (SWL)," ujarnya. 

Terkair SWL,  Pemerintah Kota Surabaya menyarankan, dalam hal dilaksanakan pengembangan PSN,  sebaiknya berada di Kawasan Pantai Kenjeran atau Zona 3. Hal ini sesuai Perda Kota Surabaya Nomor 12 Tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota SurabayaTahun 2014-2034.

 "Konsep yang diusulkan dari pusat mencakup sebagian area Kenjeran sampai Pantai Timur Surabaya Surabaya (Zona 3-4)," pungkasnya. 

Sekedar diketahui, Pemerintah menambah jumlah proyek strategis nasional (PSN) dengan fokus pada proyek-proyek yang didanai atau dilakukan oleh sektor swasta. Jumlahnya sebanyak 14 PSN. Hal itu telah dibahas dalam rapat internal di Kompleks Kantor Kepresidenan yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

"Dan juga dilaporkan ke Pak Presiden ada 14 PSN baru, periodenya dilakukan oleh swasta atau pembiayaan dari swasta, menciptakan lapangan kerja dan tidak membutuhkan APBN,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Senin (18/3/2024).

Airlangga menjelaskan, proyek-proyek strategis nasional yang ditambahkan bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja tanpa mengandalkan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Selain itu, proyek-proyek tersebut telah disetujui oleh presiden. Ada juga penyesuaian nomenklatur dan perubahan ruang lingkup PSN yang dilakukan.

“Ini disetujui oleh presiden dan ada PSN baru, penyesuaian nomenklatur dan perubahan dari ruang lingkup PSN itu sendiri,” ujarnya.

Baca Juga: ODGJ Surabaya Ceburkan Diri ke Pantai Kenjeran

Editor : Ading