• Loadingselalu.id
  • Loading

Minggu, 19 Mei 2024 00:41 WIB

Bus Pahala Kencana Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

Foto: Bus Pahala Kencana terbakar

Foto: Bus Pahala Kencana terbakar

selalu.id - Bus Pahala Kencana di Km 705A ruas Tol Astra Jombang-Mojokerto (Jomo) yang mengalami kebakaran dasyat. Kendati demikian, kebakaran bus yang mengangkut 34 penumpang dan 4 kru awak bus itu berhasil selamat semua.

Kanit PJR Jatim 3 AKP Yudiono menjelaskan, bus Pahala Kencana bernopol B-7426-TK ini mengangkut 34 penumpang dari Bandung, Jawa Barat menuju Denpasar, Bali. Bus ini dikemudikan oleh Ade Lili (58), warga Desa Darmawangi, Kecamatan Tomo, Sumedang, Jabar.

Sedangkan Supiyono (44), warga Cimahi, Bandung, menjadi kernet bus. Ketika berjalan di Tol Jomo, bus ini melaju di jalur lambat. Tiba-tiba saja ban belakang sisi kanan bus meletus saat sampai di Km 705A sekitar pukul 05.40 WIB.

"Sehingga, felg ban bergesekan dengan beton menimbulkan percikan api yang menimbulkan bus terbakar," ujarnya, Rabu (17/4/2024).

Bus Pahala Kencana akhirnya terbakar hebat di lajur kiri Tol Jomo arah Mojokerto. Dari video tersebut, api yang membakar bus Pahala Kencana ini berkobar cukup besar. Asap hitam pekat membubung tinggi di jalan Tol Jomo. Akibat kebakaran bus tersebut, lalu lintas sempat mengalami kemacetan panjang.

Sementara itu, Kepala Departemen Busdev and Relation Tol Astra Jomo, Udhi Dwi Saputro, menuturkan, pemadaman menggunakan 2 truk pemadam kebakaran (PMK) dari Mojokerto dan Jombang, serta 1 truk tangki air Tol Jomo sendiri.

"Jadi benar, kebakaran itu terjadi sekitar jam 05.40 WIB dengan posisi bus sedang melaju ke arah Surabaya. Namun, jam 06.45 WIB tadi sudah selesai pemadaman dibantu Damkar Jombang dan Mojokerto," tandasnya.

Udhi memastikan semua penumpang beserta awak bus berhasil selamat dari insiden kebakaran tersebut. Para awak bus dan penumpang berhasil keluar dari bus dengan kondisi selamat.

"Para penumpang dan kru sudah keluar bus saat terjadi kebakaran. Dan, ke 34 penumpang dan 4 kru awak bus berhasil selamat dari insiden kebakaran tersebut," pungkasnya.

Baca Juga: Ini Dugaan Penyebab Kecelakaan Bus Rombongan Kader Hanura di Tol Ngawi

Editor : Ading