• Loadingselalu.id
  • Loading

Sabtu, 18 Mei 2024 11:54 WIB

Pemprov Jatim Pastikan Sarana Prasarana Mudik Siap

Foto: Inspeksi persiapan mudik lebaran

Foto: Inspeksi persiapan mudik lebaran

selalu.id - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono bersama Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Penglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto serta Forkopimda Jatim meninjau kesiapan mudik lebaran Idul Fitri 1445 H di Terminal Purabaya, Sidoarjo.

Rombongan mengecek kesiapan sejumlah fasilitas seperti posko terpadu pelayanan angkutan lebaran tahun 2024 yang disediakan bagi para pemudik. Diantaranya, layanan ruang istirahat, ruang kesehatan gratis, ruang observasi ruang tes urine, ruang laktasi dan ruang bermain anak.

Selain itu, juga terdapat ruang untuk pijat refleksi, toilet, dan wifi serta disediakan bagi pemudik takjil gratis yang singgah saat waktu berbuka puasa.

Selanjutnya, Pj. Gubernur Adhy bersama rombongan mengecek secara langsung pelaksanaan tes urine bagi para sopir yang akan melaksanakan perjalanan mengantar para pemudik. Dengan adanya tes urine ini akan lebih meminimalisir terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh human error

Pj. Gubernur Adhy sangat mengapresiasi fasilitas yang ada di Terminal Purabaya. Menurut dia, terminal ini sudah sangat siap menyambut musim mudik lebaran tahun ini. Karena yang ada di dalamnya dapat membuat calon penumpang nyaman.

"Ini sangat bagus sekali, segalanya dipersiapkan dengan baik, mulai pospam dan posyan serta segala sesuatu yang membuat para pemudik merasa nyaman, aman dan lancar selama mudik lebaran tahun ini," ujarnya.

Lebih lanjut Adhy menyampaikan, bahwa pihaknya akan terus bersinergi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pemudik, baik itu yang menggunakan moda transportasi darat, laut maupun udara.

“Kita selalu bersinergi dan berkoordinasi dengan semua stakeholder, baik itu yang di terminal-terminal, stasiun-stasiun kereta api maupun yang di pelabuhan dan dermaga, untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi pemudi, sehingga pemudik akan merasakan nyaman, aman dan bahagia,” ungkapnya.

Adhy juga berpesan, agar para pemudik menyiapkan segala sesuatunya dalam perjalanan mudiknya, sehingga segala sesuatu yang mungkin terjadi selama perjalanan mudik bisa diantisipasi dan diminimalisir kemungkinan terburuknya.

“Saya berpesan kepada seluruh pemudik nantinya agar bisa mempersiapkan semuanya, baik itu kesehatannya, kendaraannya dan perbekalannya. Sehingga selama mudik nantinya bisa nyaman, aman, lancar dan bahagia,” tandasnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak, khusunya Kepolisian RI dan TNI yang mana telah berkontribusi penuh dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan selama arus mudik tahun ini.

“Sangat menggembirakan TNI dan Polri benar-benar memberikan dukungan kepada obyek-obyek transportasi yang memang sangat penting, karena keamanan dan safety itu sangat penting. Oleh karena itu saya menyampaikan terima kasih,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan, jajarannya akan terus meningkatkan keamanan selama mudik lebaran. Ia juga menekankan agar jajaran lebih maksimal lagi dalam menekan jumlah terjadi kecelakaan lalu lintas selama proses mudik Idul Fitri tahun ini.

“Jawa Timur menjadi tujuan utama dari pemudik, oleh karena itu kita pesankan bahwa dari evaluasi tahun 2023, angka kecalakaan lebih tinggi dari wilayah lain, kita ingatkan untuk betul-betul menjaga keselamatan para pemudik, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan angkutan,” katanya

“Kita minta kepada seluruh petugas yang ditugaskan untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga pelayanan mudik tahun 2024 ini bisa dilaksanakan dengan baik dan memberikan kenyamanan kepada seluruh masyarakat,” tambahnya.

Kemudian, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto berkomitmen akan mendukung secara penuh baik personel dan alat angkut selama mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2024 ini. Sehingga masyarakat merasakan kenyamanan dan keamanan selama proses mudik ke kampung halaman.

“Kita siapkan 2.000 personel yang kita tempatkan di Posko dan Pos Pelayanan yang tersebar di Surabaya. Selain personel, TNI juga menyiapkan alat angkut darat, laut dan udara. Kita juga siapkan mobil derek dan ambulance di titik-titik rawan. TNI akan mendukung pelaksanaan mudik bagi masyarakat akan berjalan dengan lancar dan aman," pungkasnya.

Baca Juga: Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pemprov Jatim Komitmen Berikan Pelayanan Prima Jemaah Haji

Editor : Ading