Rabu, 22 Mei 2024 03:39 WIB

Banjir Parah! Warga Blokade Truk di Jalan Banyu Urip

Banjir di kawasan Simo Surabaya

Banjir di kawasan Simo Surabaya

selalu.id - Hujan deras yang mengguyur Surabaya selama kurang lebih satu jam lebih membuat banjir di sejumlah kawasan, Kamis (4/4/2024). Genangan ini sempat menyebabkan ketegangan antara warga dengan pengguna jalan. Warga sempat memberhentikan truk dan meminta putar balik.

Peristiwa ini terjadi di Jalan Raya Banyu Urip- Sukomanunggal Surabaya. Di kawasan tersebut tinggi air kurang lebih 80 cm . Warga di kawasan tersebut berupaya melakukan pembendungan dengan bahan seadanya agar genangan air tidak terlalu parah memasuki perkampungannya. Namun, saat kendaraan terutama truk melintas dan menimbulkan gelombang, air merangsek dan menjebol bendungan darurat milik warga. Sontak hal ini membuat beberapa warga berkumpul di jalan raya dan menghentikan kendaraan-kendaraan besar yang akan melintas baik dari arah timur ke barat maupun sebaliknya.

Baca Juga: DPRD Surabaya Minta Pemkot Selesaikan Rumah Pompa dan Saluran Air di Sukolilo

Berdasar penuturan salah satu warga yang bernama Abdulah Munir, warga terhitung memberhentikan dua kendaraan truk dan meminta untuk putar balik.

"Tadi sekitar ada dua truk yang diberhentikan warga, satu truk galon air dan satu truk ekspedisi. Keduanya terpaksa putar balik," jelas Munir.

Baca Juga: 495 KK Terdampak Banjir Lahar Dingin di Lumajang

Sementara itu dari pantauan beberapa warga, air terlihat keluar dari box Culvert dan menambah parah genangan.

"Di Simo Kalangan, air dari bawah jalan ini (box Culvert) keluar deras sekali. Parah pokoknya. Kalau seperti ini lama surutnya," imbuh salah satu warga.

Baca Juga: Banjir di Surabaya Barat, Wali Kota Eri Hentikan Sementara Proyek Saluran Dukuh Kupang

Sementara itu akibat banjir, jalan di kawasan Simo dan sekitarnya macet parah meski dini hari. Pengendara sama sekali tidak bisa melintas dan terjebak genangan air.

Hingga berita ini diturunkan, genangan masih belum surut di kawasan Simo Surabaya.

Editor : Redaksi