• Loadingselalu.id
  • Loading

Sabtu, 18 Mei 2024 11:06 WIB

16 Desa di Pulau Bawean Porak Poranda Akibat Dampak Gempa

Foto: rumah hancur karena gempa

Foto: rumah hancur karena gempa

selalu.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik mencatat dampak rentetan gempa di Pulau Bawean, Gresik, Jumat (22/3/2024) kemarin. Berdasarkan asesmen BPBD Gresik, kerusakan akibat gempa terjadi di 16 desa dalam 2 kecamatan di Pulau Bawean.

Kepala BPBD Gresik, Kardi mengatakan, pihaknya bersama stakeholder lain telah melakukan penanganan terhadap warga di lokasi terdampak.

"Kami fokuskan lokasi terdampak parah, berada di 2 kecamatan di Kepulauan Bawean, di Tambak dan juga Sangkapura," ungkap Kardi dikonfirmasi selalu, Sabtu (23/3/2024).

Menurut Kardi, banyak bangunan bangunan dan rumah warga mengalami rusak parah, diantaranya sekolah, masjid, rumah sakit, pondok pesantren.

"Terdapat 64 bangunan yang rusak, rusak ringan, sedang, berat. Hal itu terjadi di Kecamatan Tambak dan Sangkapura, setidaknya melanda 16 Desa," jelasnya.

Untuk korban luka terdapat 1 orang, dan sudah dilakukan penanganan medis. Terlebih BPBD Gresik saat ini telah memfokuskan perbantuan di 2 kecamatan itu.

"Kami kerahkan bantuan berupa logistik dan juga tenaga petugas BPBD Gresik beserta stakeholder terkait. Stand by, mengantisipasi gempa susulan," ungkap dia.

Sebaran kerusakan meliputi 2 kecamatan dan 16 desa di Pulau Bawean. BPBD Gresik menyampaikan sebaran kerusakan. Diantaranya, sebagai berikut:

1. 42 rumah rusak ringan
2. 10 rumah rusak sedang
3. 5 rumah rusak berat
4. 2 sekolah rusak ringan
5. 1 Ponpes rusak sedang
6. 1 Masjid rusak ringan
7. 1 Masjid rusak berat
8. 1 Kantor Desa Rusak ringan
9. 1 Rumah Sakit rusak ringan
10. Korban Jiwa Nihil, Luka Ringan 1 Orang

Sekadar Informasi, gempa di kedalaman 10 KM, Timur Laut Tuban itu terjadi 64 kali hingga pukul 20.30 WIB. Meski begitu, BMKG Pusat menyebut, gempa itu tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: Truk Bantuan Tak Bisa Menyeberang, Logistik Warga Bawean Terhambat

Editor : Ading