Rabu, 22 Mei 2024 02:04 WIB

KAI Hadirkan Paket Bundling Wisata untuk Lebaran 2024

Foto: Kemenparekraf/Baparekraf menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO

Foto: Kemenparekraf/Baparekraf menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO

selalu.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling Paket Wisata dengan Kereta Api" dalam menyambut momentum libur lebaran sekaligus mewujudkan target pergerakan wisatawan nusantara sebesar 1,5 miliar di tahun 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno" di Jakarta, Senin (18/3/2024) kemarin, mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO terhadap kepulihan dan kebangkitan sektor parekraf.

"Presiden telah memberikan arahan terkait pelaksanaan program gerakan nasional Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) guna meningkatkan jumlah perjalanan wisatawan nusantara. Yang targetnya tahun ini mencapai 1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/3/2024).

Melalui inisiasi ini, Menparekraf Sandiaga berharap semakin banyak wisatawan nusantara yang tertarik dan mulai merencanakan perjalanan wisatanya pada momentum libur lebaran dengan KAI dan travel agent.

"Dengan promo dan paket wisata yang ditawarkan diharapkan dapat membantu meningkatkan pengalaman dan kesan yang mendalam bagi wisatawan nusantara," terangnya.

Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara, Dwi Marhen Yono, mengungkapkan data dari Kementerian Perhubungan pada 2022 pascapandemi ada sebanyak 85,5 juta orang mudik lebaran. Kemudian angka tersebut naik menjadi 123,8 juta orang pada 2023. Dan tahun 2024 diproyeksi meningkat hingga 56 persen, atau setara dengan 193,6 juta pergerakan.

"Apabila 193,6 juta ini kita gerakkan secara optimal tentu akan ada potensi pergerakan ekonomi yang besar. Karena itu belum lama ini kami mengumpulkan 15 Kepala Dinas Pariwisata yang dilewati kereta Api di Pulau Jawa,  untuk menangkap peluang ini  menjadi paket wisata supaya orang tidak hanya berdiam diri di rumah tapi bisa bergerak berwisata," kata Marhen.

Sementara itu, Direktur Komersial PT Kereta Api Indonesia, Hadis Surya Palapa, menjelaskan bahwa dalam kolaborasi dengan Kemenparekraf dan ASTINDO terapat dua program turunan dari "Bundling Paket Wisata dengan Kereta Api" yakni Nyok Mudik ke Jakarte Aje dan Wisata Senin-Kamis.

Untuk Nyok Mudik ke Jakarte Aje, terdapat sekitar 20 jalur menuju Jakarta yang bisa dimanfaatkan untuk calon wisatawan, yang dikemas dengan paket-paket wisata menarik meliputi akomodasi, kuliner, hingga objek wisata. 

"Kita berikan diskon untuk kereta api sampai dengan 30 persen dan berlaku selama libur lebaran," ujar Hadis.

Sementara, program Wisata Senin-Kamis menawarkan tiket kereta api dengan diskon menarik untuk berbagai tujuan setiap keberangkatan Senin sampai Kamis khusus travel agent yang mem-bundling layanannya menggunakan kereta api. 

Baca Juga: Turis Asing Masuk Bali Bakal Bayar Rp150 Ribu per 14 Februari 2024

Editor : Ading