Rabu, 26 Jun 2024 02:52 WIB

Samsat Jatim Dukung Penuh Aplikasi SIGNAL untuk Digitalisasi Pelayanan

  • Reporter : Ade Resty
  • | Minggu, 25 Feb 2024 11:29 WIB
Bimbingan Teknis Aplikasi SIGNAL

Bimbingan Teknis Aplikasi SIGNAL

selalu.id - Pembina Samsat Provinsi Jawa Timur yang terdiri dari Badan Pendapatan Daerah, Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah, dan PT Jasa Raharja Cabang Jawa Timur menyatakan dukungan penuh terhadap aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional).

Aplikasi SIGNAL merupakan platform digital untuk pengesahan STNK tahunan, pembayaran pajak kendaraan bermotor, dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Baca Juga: Wujud Kontribusi untuk Negara, Pelindo Petikemas Setor Rp1,51 Triliun di 2023

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan validitas kendaraan bermotor dan pajak kendaraan bermotor sebagai pendapatan daerah," kata AKBP Raden Erik Bangun Prakasa, Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jatim.

Raden mengatakan pihaknya melakukan sosialisasi dan kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi SIGNAL - Samsat Digital Nasional Provinsi Jawa Timur 2024 di i Hotel Oakwood Surabaya, Sabtu (24/2/2024) kemarin.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan Pembina Samsat Nasional, yaitu Kasi Standarisasi STNK dari Subdit STNK - Regident Korlantas Polri. Dari Pembina Samsat Provinsi Jawa Timur, hadir KASUBDIT REGIDENT Ditlantas Polda Jatim, Kepala Bidang Pajak Daerah Bapenda Jatim, dan Kepala Bagian Asuransi PT Jasa Raharja Cabang Jawa Timur.

Baca Juga: Pajak Reklame di Surabaya Bakal Naik! Segini Besarannya

Sekitar 150 personil yang mewakili 48 unit kerja samsat se-Provinsi Jawa Timur turut hadir dalam acara ini.

"Ditlantas Polda Jatim menyampaikan dukungan penuh terhadap aplikasi SIGNAL sebagai program digitalisasi unggulan Kapolri," ujar

Baca Juga: PLN Bantu SMKN 3 Pamekasan Kembangkan Infrastruktur Digital

Sementara itu Kepala Bidang Pajak Daerah Bapenda Jatim, Kresna Bimasakti mengatakan bahwa bimtek dan sosialisasi tersebut bisa menambah wawasan dan informasi. sehingga diharapakan kedepannya dapat diimplementasikan dalam pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Samsat Jatim.

"Saya berharap pelaksanaan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Aplikasi SIGNAL tersebut dapat menambah wawasan dan informasi yang bermanfaat bagi Saudara-saudara peserta untuk diimplementasikan dalam pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Samsat Jawa Timur," kata jelasnya.

Editor : Arif Ardianto