Kamis, 20 Jun 2024 00:43 WIB

Mantap! Pendaftar Paskibraka Surabaya Wajib Ikut Tes Wawasan Kebangsaan

  • Reporter : Ade Resty
  • | Minggu, 18 Feb 2024 10:47 WIB
Salah satu anggota Paskibra Surabaya

Salah satu anggota Paskibra Surabaya

selalu.id - Pemkot Surabaya membuka pendaftaran seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024 mulai 20 Februari hingga 6 Maret mendatang.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Surabaya, Maria Theresia Ekawati Rahayu mengatakan pendaftaran paskibra tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Begini Cara Mendaftar Paskibraka 2024 di Surabaya

Ia menyebut untuk calon paskibraka 17 Agustus 2024 ini wajib mengikuti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Yayuk sapaan akrabnya mengatakan, untuk seleksi Paskibraka sesuai dilakukan secara berjenjang sesuai dengan arahan BPIP (Badan Pembina Ideologi Pancasila).

Baca Juga: 602 Pelajar Surabaya Siap Berkompetisi Jadi Paskibraka Nasional

"Berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun ini setelah dinyatakan lolos tahapan administrasi, para peserta terlebih dahulu akan mengikuti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) melakui sistem CAT," kata Yayuk, Minggu (18/2/2024).

Kemudian, usai tes TWK para calon Paskibraka akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni seperti tes fisik dan sebagainya. Yayuk menyebut para pelajar SMA/SMK/MA yang ada di Surabaya dipersilakan mendaftar.

Baca Juga: Dhea, Gadis Asal Tulungagung yang Menjadi Satu-satunya Anggota Paskibraka di Istana Negara dari Pulau Jawa

Nantinya di tahapan terakhir, calon Paskibraka akan terpilih total 100 peserta terdiri dari 50 putra dan 50 putri. Nantinya para peserta yang lolos di tingkat kota, Pemkot Surabaya akan mengirimkan tiga pasang calon Paskibraka ke tingkat provinsi.

"Kalau lolos maka dia akan bertugas menjadi Paskibraka Provinsi. Tapi jika tidak, dia akan kembali untuk bertugas menjadi Paskibraka Kota Surabaya,"pungkasnya.

Editor : Arif Ardianto