Rabu, 26 Jun 2024 02:43 WIB

Milenial Pertanyakan Nasib Pegawai Jika BUMN Dibubarkan

  • Reporter : Ade Resty
  • | Selasa, 06 Feb 2024 14:49 WIB
BUMN

BUMN

selalu.id - Kaum milenial mempertanyakan nasib para pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), jika pada akhirnya badan usaha pemerintah tersebut benar-benar dibubarkan.

Ketua Milenial BUMN Surabaya Raya Bagusranu Wahyudi Putra, mengatakan bahwa padahal kementerian yang dipimpin Erick Thohir tersebut telah membutikan diri menjadi banteng pertahanan ekonomi Indonesia.

"BUMN telah membutikan diri menjadi banteng pertahanan ekonomi Indonesia di saat normal hingga keadaan sangat darurat seperti saat Pandemi COVID-19," kata Ranu sapaan akrabnya, Selasa (6/1/2024).

Padahal pula sektor ekonomi lain nyaris terhenti akibat pagebluk itu, untung ada BUMN yang menopang kehancuran lebih parah lagi pada medio 2020 - 2022.

Menurutnya, BUMN kini menjadi lebih sehat, maka kontribusi kepada negara pun menjadi jauh lebih signifikan.

"Dengan BUMN yang untung besar, BUMN dapat menyalurkan dividen ke kas negara lebih besar lagi," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Milenial BUMN Surabaya Berry FS Pariela menegaskan dengan kondisi BUMN yang makin sehat dan kuat, dirinya akan tetap bekerja untuk kementerian tersebut.

"Kinerja BUMN bagus, kami sebagai anak muda juga kini diberi kesempatan. Hingga 10 persen kepemimpinan BUMN. Kami banyak bermimpi untuk kontribusi lebih banyak," katanya.

Sebagai milenial, Berry yakin dengan tata kelola perusahaan yang baik akan memanjangkan umur BUMN. "Kami selama ini sebagai bagian dari BUMN selalu fokus pada good corporate governance," ucapnya.

Dengan kondisi BUMN sehebat itu, dirinya tidak bisa membayangkan Indonesia akan seperti apa jika lembaganya dibubarkan.

"Lalu kalau kini mau dibubarkan dan diubah jadi koperasi, bagaimana nasib kami anak-anak muda yang sudah mulai merasakan transformasi yang ada," ujar Berry.

Selain itu, dirinya menilai pernyataan sebagian pihak yang ingin mengubah BUMN, salah satunya diganti oleh Koperasi, merupakan hal yang cukup meresahkan.

"Siapapun yang bisa menyatakan BUMN harus diubah jadi koperasi, ya kami mohon ralat pernyataannya. Ini membuat keresahan di antara kami karyawan muda di BUMN,"  tuturnya.

Baca Juga: Kementerian BUMN Integrasikan Penyedia Logistik BUMN di PIER dan Teluk Lamong

Editor : Ading