Rabu, 22 Mei 2024 03:44 WIB

Indonesia Vs Vietnam: Laga Berat Tim Garuda Tanpa Egy dan Elkan Baggott

  • Reporter : Ade Resty
  • | Rabu, 15 Des 2021 11:35 WIB
Timnas Indonesia. Foto: Istimewa

Timnas Indonesia. Foto: Istimewa

Surabaya (selalu.id) - Timnas Indonesia akan melakoni laga berat melawan Vietnam pada laga ketiga Piala AFF grup B yang digelar di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021) malam.

Pertandingan ini sangat menentukan bagi Indonesia atau Vietnam untuk menyegel satu tempat di babak semifinal Piala Suzuki AFF 2020. Indonesia dan Vietnam sama-sama meraih hasil sempurna dalam dua laga awal. Dengan bermodalkan kemenangan 4-2 lawan Kamboja dan 5-1 lawan Laos membuat pelatih Shin Tae-Yong (STY) yakin Timnas Indonesia mampu berbuat banyak menghadapi Vietnam.

Baca Juga: Stadion GBT dan G10N Surabaya Jadi Venue Piala AFF U-19

"Jika terus bermain impresif seperti ini,Indonesia bahkan bisa memenangkan laga berikutnya. Saya menantikan laga melawan Vietnam dan Malaysia. Saya yakin kami bisa mengalahkan semua pesaing," ucap Shin Tae-Yong optimis. Walaupun keyakinan pelatih STY ini terkendala dengan Egy yang belum bergabung dengan Tim karena tidak mendapat izin dari klubnya serta, Elkan yang sempat dilarang main oleh Pemerintah Singapura karena harus menjalani karantina.

Di sisi lain,Vietnam menyongsong laga ini dengan keyakinan penuh setelah laga sebelumnya mencukur Malaysia 3-0. Di atas kertas,Vietnam memang diunggulkan. Finalis perempat final Piala Asia 2019 ini menjadi kekuatan yang mengerikan dalam beberapa tahun ini. Bahkan, mengalahkan Thailand yang menjadi kekuatan besar di Asia Tenggara.

Anak asuh pelatih Park Hang-Seo pun didukung sejarah di mana dua pertemuan terakhir, Vietnam unggul terhadap Indonesia. Akan tetapi, masih ada peluang Indonesia mencuri poin penuh. Pasalnya, tiga pemain kunci Vietnam belum tentu bisa dimainkan. Tiga pemain yang tidak fit adalah Nguyen Thanh Cung, Phan Van Duc, dan Nguyen Tien Linh.

Situasi ini tidak membuat gentar Park Hang-Seo. Dia cukup yakin bisa meraih kemenangan melawan Timnas Garuda. kita tunggu adu strategi dari dua pelatih asal Korea Selatan akan membuat Indonesia atau Vietnam yang menyegel satu tempat di semifinal. (FDB/SL1)

Baca Juga: Nobar Timnas U-23 di Balai Kota Surabaya Sudah Kantongi Izin, Ada Doorprizenya Lho!

Berikut data 5 pertemuan terakhir Indonesia vs Vietnam

1. 07/06/21 Vietnam 4-0 Indonesia
2. 15/10/19 Indonesia 1-3 Vietnam
3. 07/12/16 Vietnam 2-2 Indonesia
4. 03/12/16 Indonesia 2-1 Vietnam
5. 08/11/16 Vietnam 3-2 Indonesia

Perkiraan Susunan Pemain
Timnas Indonesia (4-1-4-1) Ernando Ari, Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Fachrudin Aryanto, Pratama Arhan, Rahmat Irianto, Witan Sulaeman, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya, Ezra Walian. Pelatih : Shin Tae-Yong

Baca Juga: Presiden Jokowi Optimistis Timnas Punya Kesempatan Besar di Semifinal Piala AFF

Vietnam (3-4-2-1) Tran Nguyen Manh, Do Duy Manh, Nguyen Thanh Chung, Tien Dung I, Ho Tan Tai, Nguyen Hoang Huc, Luong Xuan Truong, Hong Duy, Nguyen Cong Phuong, Phan Van Duc, Nguyen Tien Linh. Pelatih : Park Hang-Seo

Prediksi : Indonesia 1-1 Vietnam

Editor : Redaksi