• Loadingselalu.id
  • Loading

Jumat, 23 Feb 2024 12:42 WIB

Ini Prediksi Pengamat Jika Reshuffle Kabinet Indonesia Maju Benar Terjadi

Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju

Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju

selalu.id - Beredar dokumen hoax terkait Jokowi mereshuffle 13 menteri yang kebanyakan berasal dari Partai PDIP. Bahkan salah satunya Menko Polhukam yang juga cawapres PDIP Mahfud MD di Pilpres 2024.

Namun, informasi yang dihimpun selalu.id, pihak istana Presiden mengklarifikasi bahwa dokumen yang beredar terkait reshuffle ke -7 Kabinet Indonesia Maju dan sudah disetujui Jokowi merupakan hoax.

Menanggapi itu, Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam mengatakan saat ini memang situasinya rumit terkait relasi Jokowi dengan Partai PDIP yang cukup hangat menjelang konstestasi Pilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Seolah adem dipermukaan padahal hangat di dalam. Semua ini tentu terkait dengan kontestasi pilpres 2024,"k ata Surokim, kepada selalu.id, Rabu (23/11/2023).

Menurut Surokim, beredarnya dokumen Hoax terkait reshuffle menteri-menteri dari PDIP. Jika itu terjadi, cenderung akan membuat gaduh dan situasi Politik 2024 akan menjadi tidak kondusif.

"Bagaimanapun pak Jokowi harus bisa memperhitungkan kondisi psikologis PDIP dan pendukungnya, apalagi beliau juga punya sejarah relasi yang panjang dengan PDIP. Sehingga tidak perlu menggunakan jurus tijitibeh (sapu bersih),"

Tak hanya itu, Surokim menjelaskan bahwa seharusnya Jokowi harus tetap ikhtiar membuat pemerintahan situasi politik saat ini harus meningkat dengan halus.

"Jika dipaksakan reshuffle, situasi konflik akan kian terbuka dan manifest sehingga potensial menganggu kinerja akhir kabinet," ungkapnya.

Bahkan, ia menambahkan reshuffle itu jika terjadi akan membawa banyak madarat untuk Jokowi.

"Nantinya Jokowi terkesan emosional dan respons publik tonenya bisa negatif," pungkasnya

Sekedar diketahui tercatat dokumen reshuffle hoax itu sebanyak 13 nama menteri yang diganti yakni Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Hadi Tjahjanto, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar.

Kemudian, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri PAN & RB Azwar Anas, Menpora Dito Ariotedjo, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menkopolhukam Mahfud MD, Mendikbudristek Nadiem Makarim, Panglima TNI Yudo Margono, dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Baca Juga: PDIP Jatim Siagakan Satgas dan Kader Cegah Kecurangan dan Politik Uang

Editor : Ading