• Loadingselalu.id
  • Loading

Jumat, 01 Des 2023 03:13 WIB

Erick Thohir Resmikan Pos Bloc di Bekas Gedung Kantor Pos Surabaya

Peresmian Pos Bloc oleh Erick Thohir

Peresmian Pos Bloc oleh Erick Thohir

selalu.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah meresmikan Pos Bloc Surabaya, Kamis sore (16/11/2023) sore.

Diketahui Pos Bloc Surabaya merupakan proyek cipta ruang (placemaking) hasil kolaborasi antara Pos Indonesia, dilaksanakan oleh Pos Properti sebagai anak perusahaan Pos Indonesia dengan PT Ruang Kreatif Pos, salah satu anak perusahaan PT Radar Ruang Riang.

Pos Bloc tersebut bakal menjadi pusat kreativitas anak muda. Di tempat tersebut ada beragam ruang yang disediakan, mulai dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga komunitas kreativitas anak muda.

Menteri Erick Thohir mengatakan, ide Pos Bloc tersebut awalnya berasal dari Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi yang ingin membangkitkan kawasan kota tua di Kota Pahlawan lewat pemanfaatan aset BUMN yang sudah tidak terpakai.

Kemudian dirinya pun membawa Eri Cahyadi ke bekas kantor pos, Erick mengatakan bahwa BUMN punya program Pos Bloc.

"Bahwa kita punya program yang sama, BUMN ingin mendekatkan diri ke masyarakat perkotaan, salah satunya menghadirkan Pos Bloc di Surabaya, hari ini sesuai dengan target waktu itu. Dan di sini lah tempat bagaimana BUMN memastikan, aset-aset BUMN bisa dikelolah secara profesional," ujar Erick.

Erick juga menjelaskan bahwa ini merupakan upaya BUMN untuk merevitalisasi aset-aset BUMN, terutama aset-aset idle yang sebenarnya memiliki value lebih jika dimanfaatkan secara optimal.

"Aset BUMN itu banyak dan bernilai, namun sering kali terlupakan, kalau dimaksimalkan pengelolaannya pasti akan membawa manfaat lebih baik bagi masyarakat maupun bai BUMN itu sendiri,” jelasnya.

Sementara Wali kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, Pos Bloc akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Surabaya.

Ia menyampaikan aset BUMN yang tidak digunakan akan dikelolah oleh anak muda. Sehingga nantinya antara Pos Bloc dengan aset BUMN lain akan saling terkoneksi menjadi kawasan kota tua.

"Pak menteri menyampaikan untuk program yang saya lakukan untuk kota tua dan koneksi dengan gedung BUMN lainnya yang akan bergerak profesional seperti pos surabaya. pasti akan digerakkan milineal kota Surabaya untuk keyakinan industri kreatif," tuturnya.

Ditempat yang sama, Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan pihaknya mendukung inisiatif BUMN dengan manfaatkan aset untuk program Pos Bloc untuk kreativita anak muda khusunya milineal dan UMKM

"Kita siapkan ada 3 ribu properti pos di seluruh Indonesia nanti kita coba satu persatu. Kita akan bikin pencitraan dengan berbagai pihak untuk menjadi pusat-pusat UMKM dan kreatifitas," jelasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa peresmin Pos Bloc ini sudah keempat kalinya yakni pertama di Jakarta. Kemudia, Medan dan Bandung, dan keempat Kota Surabaya.

"Surabaya terbesar karena 16 ribu meter persegi dibandingkan 3 yang lain," pungkasnya.

Sekedar diketahu gedung tua Pos Bloc itu dibangun di atas lahan seluas 13.950 m2, gedung ini mulanya merupakan Kantorpos Besar Surabaya, sebuah gedung cagar budaya peninggalan Belanda berusia 1,5 abad.

Gedung ini terkenal dengan sejarahnya yang merupakan tempat Presiden Pertama RI Ir. Soekarno bersekolah di Hogere Burgerschool (HBS), maka dari itu Pos Bloc juga menghadirkan Galeri Soekarno sebagai bentuk memorabilia jejak Sang Proklamator di gedung ini. Selain itu, ada juga Galeri Pos yang menampilkan benda-benda Pos seperti prangko, benda pos jadul, hingga sepeda motor yang digunakan pak Pos.

Pos Indonesia merupakan satu dari sekian banyak BUMN yang asetnya dikolaborasikan dengan pihak ketiga untuk dimanfaatkan sebagai ruang kreatif.

Baca Juga: Antara Gibran dan Erick Thohir, Pengamat Sebut Prabowo Tunggu Arahan Jokowi

Editor : Ading