Selasa, 23 Jul 2024 22:16 WIB

Seluruh Jenazah Pesawat TNI AU Jatuh Ditemukan, Pemakaman Militer Dilaksanakan Besok

  • Reporter : Ade Resty
  • | Kamis, 16 Nov 2023 21:49 WIB
Kadispen AU Marsma Agung Sasongkojati

Kadispen AU Marsma Agung Sasongkojati

selalu.id - Empat jenazah korban pesawat tempur TNI Angkatan Udara (AU) yang jatuh di lereng Gunung Bromo, Pasuruan, akhirnya ditemukan, Kamis (16/11/2023).

Hal itu disampaikan Kadispen AU Marsma Agung Sasongkojati yang mengkonfirmasi bahwa seluruh jenazah awak pesawat tempur EMB-314 Super Tucano sudah ditemukan.

Sebelumnya baru ada tiga jenazah yang ditemukan yaitu Kolonel Adm Widiono, Mayor Pnb Yuda A. Seta, Kolonel Pnb Subhan. Terakhir jenazah Letkol Pnb Sandhra Gunawan sudah ditemukan sekitar pukul 19.00 WIB malam.

“Beberapa jam terkahir Letkol Pnb Sandhra Gunawan sudah ditemukan dan dalam evakuasi ke Lanud Abdul Rachman Saleh,” ujarnya.

Diketahui bahwa dua unit pesawat tempur Super Tucano mengalami kecelakaan saat melakukan latihan formasi. Keempat personel ini meninggal dunia saat melakukan latihan.

Tim awak pesawat yaitu Letkol Pnb Sandhra Gunawan berada di frontseater dan di belakangnya adalah Kolonel Adm Widiono. Sementara satu unit pesawat lainnya yang diawaki oleh Mayor Pnb Yuda A. Seta pada frontseater dan di belakangnya adalah Kolonel Pnb Subhan.

Dua jenazah yang ditemukan awal, yaitu Subhan dan Seta Yuda sudah berada di hanggar untuk dibawa ke rumah sakit dan disemayamkan. Yang menyusul selanjutnya yakni Kolonel Widi dan Letkol Sandra," tuturnya.

“Jadi terakhir, Letkol Pnb Sandhra Gunawan ditemukan. Jadi semua jenazah sudah ditemukan pada malam ini. Besok pagi kami akan mengadakan acara pelepasan jenazah secara militer," tambahnya. 

Baca Juga: Medan Sulit, 3 Korban Pesawat TNI AU Jatuh Belum Ditemukan

Editor : Ading