Selasa, 23 Jul 2024 22:28 WIB

Ini Langkah Pemprov Jatim Atasi Kenaikan Harga Beras

Pasar murah Pemprov Jatim

Pasar murah Pemprov Jatim

selalu.id - Harga beras yang terus naik dikarenakan perubahan musim yang membuat banyak gagal panen menjadi concern tersendiri bagi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Oleh karenanya setelah melaksanakan jalan sehat di Bakorwil III Malang, ia juga meninjau Pasar Murah yang dilaksanakan pula di halaman kantor tersebut. Dalam pelaksanaannya, pasar ini menjual beberapa bahan pokok dibawah harga pasaran.

Secara khusus, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa pelaksanaan pasar murah di Malang ini merupakan titik ke 46 dari rangkaian acara Hari Jadi ke-78 Jatim. Dimana pasar murah ini digelar untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan menyediakan bahan pokok terjangkau bagi masyarakat.

"Pasar murah ini sudah kita mulai sejak 1 September lalu,  ini merupakan upaya kami untuk mendekati harga keterjangkauan bagi masyarakat,” tegasnya.

Lebih lanjut, Khofifah menyampaikan bahwa produksi padi dan beras di Jawa Timur dipastikan surplus. Dikatakannya bahwa sejak September 2022 hingga September 2023, Jatim surplus beras sekitar 9,23 persen. Namun, memang harga saat masuk penggilingan sudah melebihi Harga Pokok Pemerintah (HPP). Sehingga menyebabkan harga end productnya juga tinggi.

“Seminggu lalu saya ke Tuban, saya lihat disana Gabah Kering Panen (GKP) sudah lebih tinggi dari HPP. Maka masuk penggilingan pasti akan naik. Bahkan disana mencapai harga Rp7.700/kg,” ucapnya, Sabtu (11/11/2023).

Melihat hal tersebut, Khofifah memastikan harga edar beras medium di Jatim merupakan yang termurah di Pulau Jawa. Saat ini HET beras medium di Jatim adalah Rp10.900.

"Itu artinya pengendalian dari seluruh lini, bergerak bersama dengan tim bulog untuk melakukan penetrasi harga beras di pasaran. Kalau yang dijual di pasar murah pasti dibawah HET,” jelasnya detil.

Adapun komoditi yang dijual pada Pasar Murah kali ini adalah beras medium yang dijual Rp10.200/kg, Minyakita dijual dengan harga Rp13.000/liter, gula pasir  dijual Rp14.000/kg, telur ayam ras seharga Rp23.000/kg.

Sedangkan saat ini perkembangan harga bahan pokok rata-rata di Kota Malang per tanggal 10 November 2023 yakni beras medium Rp11.450/kg, Minyak Goreng Minyakita Rp14.917/liter, Gula pasir Rp15.500/kg, dan Telor ayam ras Rp25.667/kg

Tidak hanya itu, pada acara ini juga tersedia pelayanan publik dari Dispendukcapil Kota Malang, Layanan Kesehatan dan Donor Darah, beberapa stand produk UMKM hingga layanan servis sepeda motor gratis dari SMKN 12 Kota Malang.

Di sisi lain, Pj. Walikota Malang Wahyu Hidayat bersyukur Jalan Sehat kali ini dapat diadakan di Bakorwil Malang. Ungkapnya, rangkaian peringatan Hari Jadi ke-78 Jawa Timur menjadi suntikan semangat bagi Kota Malang untuk dapat terus maju dan berkontribusi pada perkembangan Jatim.

"Kami mengucapkan selamat atas Hari Jadi ke-78 Jatim. Tentunya Provinsi Jatim dibawah kepemimpinan Bu Gubernur dapat menjalankan amanahnya dan mensejahterakan masyarakatnya," tutupnya.

Baca Juga: Pasar Murah Sea Food, Upaya Pemprov Jatim Kenalkan Produk Kelautan dan Perikanan

Editor : Ading