Jumat, 14 Jun 2024 02:18 WIB

Realisasi Rendah, DPRD Surabaya Dorong Pemkot Tingkatkan Pendapatan Parkir

  • Reporter : Ade Resty
  • | Selasa, 07 Nov 2023 09:18 WIB
Ilustrasi foto: petugas parkir

Ilustrasi foto: petugas parkir

selalu.id - DPRD Surabaya mendorong Pemkot Surabaya melalui Dinas Perhubungan (Dishub) untuk meningkatkan parkir pada tahun anggaran 2023 ini.

Ketua Komisi B DPRD Surabaya Lutfiyah mengatakan bahwa pendapatan Dishub mulai tahun 2022 hingga 2023 antara target dan realisasi hanya 50 persen.

"Itu namanya tidak berhasil. Kami bilang begitu agar Dishub meningkatkan pendapatan di sektor parkir," kata Lutfiyah, Rabu (7/11/2203).

Lutfiyah menjelaskan DPRD mendorong Dishub Surabaya menaikkan pendapatan hingga 70 persen.

"Kalau memang tidak bisa mampu ya jangan menarget terlalu tinggi. Toh kenyataan realisasinya kurang lebih hanya 50 persen," ujarnya.

Sementara, Kepala UPTD Parkir Tepi Jalan Umum Dishub Kota Surabaya Jeane Mariane Taroreh mengatakan tidak tercapainya target salah satunya karena selama pandemi Covid-19.

Jeane menjelaskan akibat pandemi itu dampaknya banyak tempat usaha gulung tikar sehingga lokasi parkir di tempat itu ikut menghilang.

Sementara meski muncul tempat usaha baru, namun lokasi parkir yang baru juga masih perlu adaptasi pada masa masa pemulihan pasca pandemi menjadi endemik hingga normal saat ini.

"Untuk ngejar (target) itu tidak gampang, tapi kami terus berupaya, kalau parkir tahun kemarin cukup lumayan penurunan, Pada Tahun 2021 pencapaian dari target 36 persen dan pada tahun 2022 pencapaian dari target 50 persen, kemudian untuk tahun 2023 ini per bulan oktober ini kami sudah mencapai 56,5 persen dari target murni," pungkasnya.

Baca Juga: Dishub Surabaya Minta Warga Laporkan Jukir jika Tarik Retribusi Lebih

Editor : Ading