Sabtu, 22 Jun 2024 23:00 WIB

Desa di Jombang ini Kekeringan Parah, Mensos Risma Hadir Salurkan Air Bersih dan Siap Minum

Menos Risma saat meninjau sumber air di salah satu desa di Jombang

Menos Risma saat meninjau sumber air di salah satu desa di Jombang

selalu.id - Usai menghadiri Launching Pahlawan Ekonomi di Sidoarjo, mengisi hari Liburnya, Mensos Risma blusukan meninjau daerah yang mengalami kekeringan di Dusun Tondowesi, Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Minggu (29/10/2023).

Daerah di Jombang ini mengalami kekeringan parah hingga sungai-sungai di kawasan tersebut mengering. Warga hanya mengandalkan satu sumber air tanah kecil yang berada di sungai yang mengering.

Baca Juga: Gerak Cepat, Pemkot Surabaya Beri Bantuan Medis Lansia Penderita Kanker Rahim

Mensos Risma langsung meninjau lokasi sumber air meski harus melewati kebun-kebun warga yang terjal. Dari Jalan raya, menuju lokasi, harus menempuh sekitar 150 meter Medan terjal berbukit dan gersang.

"Coba itu cek kualitas airnya," perintah Mensos Risma kepada salah satu petugas. Dari hasil pemeriksaan, ternyata kandungan garam serta kapur dalam air tersebut cukup tinggi.

"Kita tes airnya ternyata kadar kapurnya cukup tinggi, ini bahaya jika dikonsumsi. Kita akan upayakan air bersih segera," ujar Mensos Risma kepada warga.

Baca Juga: Dua Pemimpin Perempuan Bersaing, Pilgub Jatim 2024 Bakal Seru

Menyikapi kondisi ini, Mensos Risma melalui Kemensos memberikan bantuan berupa air bersih dan air siap minum, selain mengupayakan pengeboran air sumur.

"Sementara kita suplai air bersih dan siap minum, jadi bapak-bapak dan ibu-ibu bisa langsung mengambil air yang untuk keperluan sehari-hari dan siap minum. Kita juga upayakan buat sumur bor. Semoga segera bisa, karena harus ngebor di kedalaman 120 meter baru ketemu air," imbuhnya.

Tak hanya memberikan bantuan, Mensos Risma juga mengajak pemuda di daerah ini untuk menjadi pengusaha agar dapat memperbaiki ekonomi di kawasan tersebut.

Baca Juga: Dua Pemimpin Perempuan Bersaing, Pilgub Jatim 2024 Bakal Seru

"Ayo yang muda-muda, jangan hanya diam saja, nanti saya ajari untuk berusaha. Banyak contoh pengusaha muda yang berhasil di Pahlawan Ekonomi. Pokoknya harus ada niat," jelas Risma.

Warga menyambut gembira bantuan serta ajakan Mensos Risma untuk pemberdayaan ekonomi.

Editor : Redaksi