Sabtu, 22 Jun 2024 22:27 WIB

Warga Temukan Penyu di Sungai Gunung Anyar Surabaya

  • Reporter : Ade Resty
  • | Selasa, 12 Sep 2023 16:28 WIB
Seekor penyu ditemukan di Gunung Anyar

Seekor penyu ditemukan di Gunung Anyar

selalu.id - Warga Surabaya temukan seekor penyu di sungai kawasan Gunung Anyar tepatnya di Persimpangan Jl. Dr. Ir. H. Soekarno, Surabaya, Selasa (12/9/2023).

Informasi yang dihimpun selalu.id, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surabaya penemuan penyu sisik dengan ukuran panjang 35 cm dan lebar 10 cm sekitar pukul 02.30 WIB.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Surabaya Buyung Hidayat mengatakan bahwa menurut keterangan salah satu warga Rungkut bernama Bintang mengaku saat itu tengah memancing di sungai atau Kali Gunung Anyar.

"Saksi melihat penyu tersebut terjebak gundukan lumpur selanjutnya sebagai saksi yang menemukan menyelamatkan penyu tersebut dan dibawa pulang ke Rumah.  Selanjutnya menghubungi 112 guna meminta bantuan untuk pengondisian sebagai hewan tersebut," kata Buyung, melalui laporan kepada Selalu.id.

Buyung menyampaikan bahwa petugas
BPBD Surabaya tiba di lokasi rumah saksi yang menemukan penyu tersebut.

"Lalu  kita dikondisikan sementara ke Mako BPBD Kota Surabaya untuk selanjutnya akan diserahkan ke BBKSDA Jawa Timur," ujarnya.

Sementara Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam wilayah 3 BBKSDA Jatim, Gatut Panggah Prasetyo mengatakan, pihaknya telah menerima penyu tersebut dan sudah berada di kandang transit BBKSDA.

"Sepertinya sudah diserahkan ke kandang transit balai besar," ujarnya

Gatut menyebut, bahwa habitat penyu bukanlah tempat hewan Penyu yang seharusnya tempatnya berada di laut.

"Kalau jenis penyu (habitat) di laut mbak," kata dia.

Lebih lanjut Gatut menambahkan, pihaknya belum mendapatkan informasi detail mengapa penyu tersebut bisa berada di sungai. Selama ini, dirinya belum pernah menemukan ada penyu di sungai.

"Kemungkinan penyu akan segera dilepasliarkan (ke habitat asal)," pungkasnya.

Baca Juga: Tercatat Gempa di Tuban Capai 64 Kali, Terasa hingga Surabaya

Editor : Ading