• Loadingselalu.id
  • Loading

Rabu, 04 Okt 2023 12:39 WIB

Kualitas Udara di Surabaya Barat Sedang, Begini Langkah Pemkot

Papan ISPU di Surabaya

Papan ISPU di Surabaya

selalu.id - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Agus Hebi Djuniantoro menyebut bahwa kualitas udara di Kota Pahlawan cukup baik.

Hebi menyebut bahwa indeks kualitas udara di Surabaya menurut Indeks Standar Polusi Udara (ISPU) maksimal mencapai 75, yang termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan untuk hari ini, Senin (14/8/2023) diketahui hanya mencapai 60.

Dalam ISPU, indeks 0-50 adalah berkualitas baik, 50-100 adalah sedang, dan diatas 100 adalah buruk, yang artinya mengalami polusi udara parah.

Hebi mengatakan bahwa jika dihitung dari total papan ISPU yang tersebar di seluruh Kota Surabaya, 26,48 persen diantaranya menunjukkan indeks baik. Sementara, 73,52 persen merupakan wilayah dengan ISPU sedang.

"Sedangkan kondisi sedang itu, 73,52 persen menunjukkan indeks dibawah 70. Artinya layak hirup itu, jadi masih layak hirup. Masih 100 persen. Jadi sebenarnya baik-baik saja di Surabaya ini," kata Hebi, Senin (14/8/2023).

Meski begitu Hebi menjelaskan ada sejumlah wilayah, khususnya Surabaya Barat yang indeks kualitas udaranya mencapai 70, artinya polusi udara sedang.

"Yang sering kemacetan (polusinya tinggi,red), yakni Tandes, Margomulyo, bisa jadi seperti itu. Kendaraan bermotor itu penyumbang polusi udara terbesar, kedua itu pabrik. Baru ketiga yang lain-lain," tuturnya.

Lebih lanjut Hebi menjelaskan upaya untuk mengurangi polusi di kawasan Surabaya Barat itu pihaknya akan melakukan uji emisi dengan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub). Kemudian, DLH akan terus lakukan penanaman pohon-pohon di wilayah tersebut

"Target paling tidak ada 1000 tanaman yang kita tanam perhari. Harus ada penambahan pohon-pohon. Karena wilayah barat itu masih ada lahan kosong," tegasnya.

Baca Juga: Awas! ASN Pemkot Surabaya Dilarang Ngelike Postingan Politik, Bakal Dilaporkan

Editor : Ading