Sabtu, 22 Jun 2024 23:22 WIB

Menteri BUMN Eric Thohir Gelar Pasar Murah di Surabaya, Wali Kota Eri: Warga Senang

  • Reporter : Ade Resty
  • | Minggu, 13 Agu 2023 18:48 WIB
Menteri BUMN Eric Thohir bersama Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat di pasar Murah Tugu Pahlawan Surabaya

Menteri BUMN Eric Thohir bersama Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat di pasar Murah Tugu Pahlawan Surabaya

selalu.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar pasar murah di Indonesia salah satunya di Kota Surabaya.

Menteri BUMN Erich Thohir mengunjungi pelaksanaan pasar murah di lapangan Tugu Pahlawan, Minggu (13/8/2023).

Baca Juga: Pemkot Surabaya Bakal Gelar Pasar Murah Ramadan, Disini Lokasinya

Erick Thohir menyampaikan bahwa digelarnya Pasar Murah Surabaya ini sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo dalam upaya antisipasi menghadapi fenomena iklim El Nino.

'Instruksi dari Bapak Presiden (Joko Widodo) mengantisipasi El Nino yang mungkin musim keringnya panjang," kata Erick.

Digelarnya pasar murah ini bertujuan untuk berkurangnya produksi pangan dampak dari Rl Nino.

"Rakyat perlu makan karena itu pak presiden melakukan berapa hal, salah satunya memastikan stok beras cukup.l,"ujar Erick yang juga menjabat sebagai Ketua PSSI itu.

Menteri BUMN ini juga menjelaskan bahwa pihaknya menjaga ketersediaan stok dan harga pangan, salah satunya berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk menggelar pasar murah di setiap daerah dengan menyalurkan 3.000 sampai 5.000 paket sembako.

Baca Juga: Pasar Murah Sea Food, Upaya Pemprov Jatim Kenalkan Produk Kelautan dan Perikanan

“Kita lakukan upaya bagaimana memastikan pangan tersedia. Ini yang mendorong Pak Presiden agar beras terus disalurkan supaya harga tetap stabil,"ujarnya.

"Alhamdulilah melalui Bulog sudah membagikan beras bagi warga yang kurang mampu sebanyak 10 kg per orang selama 3 bulan,"jelasnya.

Sementara itu Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menambahkan, digelarbya pasar murah ini sesuai dengan instruksi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

Baca Juga: Stabilkan Harga Bahan Pokok, Pemprov Jatim Gelar Pasar Murah di Jember

"Presiden mengintruksikan setiap pemerintah daerah dan kementerian diperintahkan untuk menggelar pasar murah atau operasi pasar dalam upaya antisipasi menghadapi fenomena iklim El Nino," jelasnya.

Di pasar murah itu, Eri menyampaikan bahwa masyarakat dapat membeli satu paket sembako yang terdiri dari 5kg beras, 1kg gula, dan 1 liter minyak goreng. Harga yang dibandrol juga sangat murah, yakni hanya Rp40.000.

"Bapak Menteri Erick Thohir kesini menjalankan perintah Pak Jokowi (Joko Widodo) untuk memberikan pasar murah. Matur nuwun sanget (terima kasih banyak) Pak Menteri karena rakyat Surabaya senang," ungkapnya.

Editor : Arif Ardianto