Selasa, 23 Jul 2024 21:26 WIB

Pemkot Bakal Bangun SLB Negeri dari SD hingga SMA Khusus Arek Suroboyo

  • Reporter : Ade Resty
  • | Minggu, 23 Jul 2023 13:38 WIB
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi

selalu.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana membangun Sekolah Luar Biasa (SLB) negeri untuk SD, SMP, SMA khusus masyarakat Surabaya. Rencananya sekolah tersebut akan dibangun pada 2024 mendatang.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyampaikan telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur terkait pembangunan SLB tersebut.

Baca Juga: Komisi A DPRD Surabaya Minta Pemkot Rotasi Petugas Dishub

"Karena tahun 2024 kami berpikir membangun SLB Negeri, SD, SMP, SMA dan akan koordinasi dengan provinsi karena kewenangan ada di provinsi,"kata Eri, Minggu (23/7/2023).

Meski dalam kewenangan Provinsi, Eri Memgungkapkan bahwa Pemkot Surabaya ingin SLB negeri diwadahi untuk warga khusus Surabaya. Sehingga, seluruh anggaran akan ditanggung Pemkot.

"Kalau itu dibangun provinsi seluruh Jatim bisa masuk, tetapi kami ingin yang SLB mewadahi dan memfasilitasi arek-arek Suroboyo. Sehingga biaya dari kami makanya kami koordinasikan juga sama beliaunya,"ujarnya.

Eri menjelaskan saat ini Pemkot Surabaya telah membangun rumah prestasi di seluruh wilayah Kota Surabaya untuk Anak Berkebutuhan khusus maupun Disabilitas.

Pemkot Surabaya ingin nantinya saat mereka lulus SLB Negeri SMA, mereka akan diberikan pekerjaan .

Baca Juga: DPRD Surabaya Minta Alokasi APBD untuk Rumah Ibadah Bisa Terlaksana

"Setelah dia lulus dari SLB SMA kami berikan pekerjaan, seperti rumah prestasi yang ada,"jelasnya.

"Kemarin mereka sempat fashion show dan memakai karyanya sendiri. Bahkan ada baju yang sampai ke Singapura yang difasilitasi oleh UK di Dolly itu,"ungkapnya.

"Anak-anak punya kekuatan yang luar biasa, tetapi saya ingin memastikan lagi dengan berkoordinasi bersama provinsi semoga diperkenankan," imbuhnya.

Lebih lanjut Eri menambahkan, alasan Pemkot ingin membangun SLB Negeri karena di Surabaya Sekolah SLB sangat sedikit. Terlebih lagi, SLB swasta biayanya sangat mahal.

Baca Juga: DPRD Surabaya Minta Alokasi APBD untuk Rumah Ibadah Bisa Terlaksana

"Karena sedikit, SLB cuma satu yang SMP Negeri. SLB itu biayanya luar biasa mahal betul. Sangat mahal, makanya kami buat semua,"ucapnya.

Sebab itu Pemkot ingin membangun SLB Negeri di 2024 mendatang. Eri menyebut masih mencari lokasi-lokasi untuk bangun sekolah tersebut.

"Yang di Surabaya kalau diperbolehkan sampai SMA tetapi dipanggoni wong Suroboyo, khusus Suroboyo. Maksudnya sekolahnya yang bangun Surabaya tetapi bisa diakui,"pungkasnya.

Editor : Arif Ardianto