Jumat, 14 Jun 2024 03:00 WIB

Jemaah Masjid Al Akbar Diimbau Bawa Tas Kresek untuk Sandal, Ini Penjelasannya

  • Reporter : Ade Resty
  • | Rabu, 28 Jun 2023 19:27 WIB
Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmy M Noor

Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmy M Noor

Selalu.id - Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmy M Noor mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan matang terkait Salat Hari Raya Idul Adha yang dilaksanakan pada Kamis (29/6/2023) besok.

Persiapan itu berupa pemetaan sirkulasi jemaah, termasuk lokasi-lokasi untuk saf tambahan dan posko-posko pendukung seperti posko kesehatan.

"Kita sudah menyiapkan segala sesuatunya. Artinya baik penyiapan salat di dalam masjid maupun yang di luar masjid," kata Helmy, saat ditemui di Masjid Al-Akbar Surabaya, Rabu (28/6/2023).

Untuk mengantisipasi tempat jemaah tidak cukup, kata Helmy, pihaknya telah menyiapkan saf untuk salat dari lantai dua hingga di halaman luar masjid. Ia pun menyebut Masjid Al-Akbar memiliki kapasitas 40 ribu jemaah.

"Tadi malam sudah kita bikin saf darurat. Keseluruhan, estimasinya kita bisa menampung jemaah lebih dari 40 ribu," ungkapnya.

Apabila nantinya ada jamaah yang sakit, panitia Salat Idul Adha Masjid Al-Akbar Surabaya juga telah menyediakan tim kesehatan, medis, ambulan, serta wudhu darurat.

"Sudah disiapkan semuanya, tim kesehatan, medis, ambulance, wudhu darurat sudah disiapkan semua," imbuhnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, lanjut Helmy, bahwa tahun 2023 ini jemaah Masjid Al-Akbar Surabaya diperbolehkan tidak pakai masker.

Meski demikian, pihakmya mengimbau untuk masyarakat yang ingin salat di Masjid Al-Akbar disarankan membawa tas kresek untuk menaruh sepatu dan sandal masing-masing.

"Kami mengimbau untuk seluruh jemaah agar membawa tas kresek untuk menaruh sepatu sandal masing-masing, silahkan dibawa ke dalam masjid," imbaunya

"Lebih baik ditaruh di kresek dibawa ke masjid, kalau pulangkan gak bingung mencari sandal sepatunya," pungkasnya. (MG2/Ade)

Baca Juga: 120 Dokter Siap Cek Kesehatan dan Vaksin PMK Hewan Kurban di Surabaya

Editor : Ading