Selasa, 23 Jul 2024 22:48 WIB

2.672 Mahasiswa Baru Lolos Jalur SNBT 2023 Universitas Airlangga

  • Reporter : Ade Resty
  • | Rabu, 21 Jun 2023 12:01 WIB
Prof Nasih, Rektor Unair

Prof Nasih, Rektor Unair

Selalu.id - Total sebanyak 2.672 Mahasiswa Baru lolos seleksi perguruan tinggi jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Rektor Universitas Airlangga (Unair), Prof Dr Mohammad Nasih mengatakan bahwa pihaknya menerima mahasiswa baru sebanyak 2.672 dari total 34.159 pendaftar melalui jalur SNBT 2023.

Dari jumlah tersebut, kata Prof Nasih, 555 mahasiswa baru di antaranya merupakan mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Alhamdulillah, tahun ini Unair  dipercaya sebanyak 34.159 calon mahasiswa yang ingin berkuliah di Unair. Tentu ini adalah angka yang sangat tinggi. Namun sayangnya, kita hanya bisa menerima 2.672 dari total pendaftar tersebut,” kata Prof Nasih, Rabu (21/6/2023).

Prof Nasih menyampaikan bahwa Unair mendapatkan nilai rata-rata dari mahasiswa baru jalur SNBT mencapai 648.92. Skor tersebut, samenduduki posisi lima besar nilai rata-rata UTBK nasional.

“Selain itu, yang tidak kalah penting juga, terkait skor UTBK. Alhamdulillah, rata-rata kita nomor lima secara nasional dengan skor 648.92,” tuturnya.

Kemudian, Prof Nasih menyebutkan beberapa program studi rumpun saintek (sains dan teknologi) maupun soshum (sosial dan humaniora) dengan nilai rata-rata tertinggi.

Pada rumpun saintek, program studi kedokteran menempati urutan teratas dengan nilai rata-rata 735,92, kemudian disusul teknologi sains data, sistem informasi, kedokteran gigi, dan statistika.

Sementara itu, pada rumpun soshum, nilai rata-rata tertinggi ada pada program studi psikologi dan akuntansi dengan nilai rata-rata masing-masing mencapai 676,92 dan 672,42.

Lebih lanjut, Prof Nasih menyampaikan bahwa dari total 2.672 mahasiswa baru, 33 di antaranya merupakan siswa-siswi lintas jurusan. Beberapa dari mereka memilih program studi yang sama sekali berbeda dengan penjurusan saat SMA.

Menyiasati hal tersebut, Unair memberikan beberapa solusi bagi mahasiswa baru lintas jurusan. Pertama, mahasiswa lintas jurusan harus memberikan keterangan minimal nilai akhir mata pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan program studi.

“Jadi, nanti mahasiswa yang akan melakukan daftar ulang harus memberikan keterangan nilai mata pelajaran di SMA yang sesuai dengan mata kuliah di program studinya. Misalnya jika di FKG, maka mereka harus memberi keterangan nilai biologi dan kimia, dan seterusnya,” jelasnya.

Selain itu, Unair juga memberikan fasilitas berupa matrikulasi bagi mahasiswa lintas jurusan. Mahasiswa lintas jurusan harus memenuhi batas minimal nilai dalam matrikulasi sebelum mengikuti perkuliahan.

Hal itu, lanjut Prof Nasih, bertujuan untuk meminimalisasi risiko yang akan terjadi, khususnya saat studi berlangsung. Ia pun mengimbau para calon mahasiswa baru agar segera bersiap untuk melakukan daftar ulang.

Ia menambahkan Calon mahasiswa baru (camaba) dapat mengakses seluruh informasi terkait persyaratan dan ketentuan pada laman Unair.

“Bagi para calon mahasiswa baru, dimohon agar segera mempersiapkan dokumen dan persyaratan lainnya untuk daftar ulang. Semua ketentuan secara detailnya bisa diakses di laman https://snbt.unair.ac.id/count.html ,” pungkasnya. (Ade)

Baca Juga: Riuh Cek Khodam Online, Begini Pandangan Antropolog UNAIR

Editor : Ading