Sabtu, 20 Jul 2024 19:14 WIB

Siap-siap! Dispendik Surabaya Adakan MOS untuk Wali Murid SD-SMP

  • Reporter : Ade Resty
  • | Jumat, 16 Jun 2023 13:38 WIB
Kepala Dispendik Surabaya Yusuf Masruf

Kepala Dispendik Surabaya Yusuf Masruf

Selalu.id - Pemkot Surabaya melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) bakal melakukan Masa Orientasi Sekolah (MOS) wali murid untuk sekolah SD hingga SMP.

Kepala Dispendik Surabaya Yusuf Masruf mengatakan bahwa Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tidak hanya untuk anak saja tetapi juga untuk wali murid.

"Itu ada MOS wali murid terkait permasalahan di sekolah, misal; tentang penggunaan handphone anak, kegiatan pulang sekolah, parenting anak dan parenting remaja," ujarnya.

Selain untuk peraturan sekolah, orang tua murid juga diajak untuk bersama-sama lebih perhatian terkait masalah kenakalan anak dan remaja, seperti kasus perundungan yang semakin masif terjadi.

"Ini nanti juga terkait edukasi orang tua kepada anaknya tentang pelecehan seksual, bullying, biar orang tua dan anak sama-sama paham. Kalau kita sinergi, antara orang tua, keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar, pendidikan yang baik dan sehat akan mudah tercapai," sambungnya.

"Jadi semua elemen sekolah paham masalah yang mungkin terjadi dan bagaimana problem solvingnya, lebih jauh kalau masalah-masalah itu bisa ditekan agar tidak sampai terjadi karena sinergisitas antara guru, wali murid dan murid telah terjalin dengan baik. Jadi program sekolah pun wali murid terlibat secara aktif," tambahnya.

Tak hanya itu, Yusuf juga menegaskan bahwa MOS siswa tidak dicampur dengan MOS wali murid. Wali murid pun akan secara bertahap melakukan MOS di sekolah masing-masing.

"Nanti sekolah tetap mengutamakan siswa. Untuk lokasi, semua disesuaikan dengan sekolah, bisa di aula bisa di ruang kelas, disesuaikan saja. Intinya MOS wali murid ini dilakukan secara bertahap, jelasnya. (Ade/Adg)

Baca Juga: Sambut Agustus, Kader PDIP Surabaya Kompak Kerja Bakti Bareng Masyarakat

Editor : Ading